Senin, 03 Agustus 2015

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Kemangi merupakan tumbuhan yg memiliki ukuran kecil, bahkan terlihat seperti rumput. Ciri khas dari tanaman ini merupakan terdapat bunga dibagian pucuknya dan memiliki bau yg harum yang khas baik dibagian daun maupun bunganya. Daun kemangi biasanya dipakai sebagai lalap makanan, karna selain harumnya yg khas, daun kemangi jg dpt untuk menambah selera makan. ( www.forticeoffice.com )

Kemangi merupakan tumbuhan yang mempunyai ukuran kecil, bahkan terlihat seperti rumput. Ciri khas dari tanaman ini merupakan terdapat bunga dibagian pucuknya & memiliki bau yang harum yg khas baik dibagian daun maupun bunganya. Daun kemangi biasanya dipakai sebagai lalap makanan, karna selain harumnya yg khas, daun kemangi jg dapat utk menambah selera makan

1. Baik utk Kesehatan Jantung

Kemangi kaya akn carotenoid yang dapat diganti menjadi vitamin A. Kemangi dapat menjadi metode yg sangat baik untuk mendapatkan magnesium yg baik untuk kesehatan jantung dgn menenangkan otot dan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah & mengurangi kemungkinan irama jantung yg tak normal serta kerjang-kejang.

2. Baik untuk Kesehatan Rambut & Kulit

Minyak kemangi sangat bermanfaat untuk membuat kulit & rambut yg kusam menjadi lebih cerah. Kemangi juga baik utk melawan dan membasmi jerawat. Selain untuk mencerahkan, kemangi jg baik untuk mengobati rambut yang kurus. Hal ini dikarenakan karena kemangi meningkatkan sirkulasi darah menuju akar rambut. Kemangi bekerja dgn cara membantu akar rambut, membentengi dasar rambut, menawarkan anti-oksidan serta kelembaban terhadap folikel rambut. Sehingga dengan begini rambut akn menjadi berkualitas.

3. Baik utk Mencegah Beberapa Jenis Kanker

Kemangi terkenal dengan anti-oksidannya yg efektif. Anti-oksidan alami yang terdapat pada kemangi bisa menjaga tubuh terhadap kerusakan dari radikal bebas, sehingga mampu untuk mencegah sebagian besar penyakit kanker. Kemangi jg mengandung flanovoid yang berfungsi melindungi struktur sel dari radiasi. Kemangi benar-benar kaya dgn zat-zat yg akan membantu sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anti-oksidan yg terdapat dlm kemangi sangat baik dalam membantu sistem pertahanan badan melawan penyakit menular. Daun kemangi memiliki kemampuan sebagai anti bakteri yg bisa digunakan untuk mengurangi resiko bakteri seperti E. coli dan Listeria, yg bisa mengakibatkan keracunan makanan. Selain itu, daun kemangi jg baik digunakan untuk menutup luka. Kandungan yang ada didalamnya bermanfaat utk mencegah infeksi bakteri. Selain pencegahan infeksi dari luka, dgn memakan daun kemangi bisa membantu melawan infeksi virus dari dlm seperti pilek, flu, & herpes.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kemangi memiliki kemampuan anti-inflamasi yang kuat. Apa tersebut arti inflamasi? Dilansir dari kamuskesehatan.com, Infalamasi atau peradangan ialah bengkak kemerahan, panas, serta nyeri pada jaringan karna cedera fisik, kimiawi, infeksi, atau reaksi alergi. Dgn adanya kemampuan anti-inflamasi, hal ini mendorong berfungsinya saluran usus, serta disamping tersebut bekerja dengan baik utk mengobati beberapa macam keluhan pencernaan seperti penyakit radang usus, mulas, buang angin, perut kram, serta usu bermasalah.

6. Mengurangi Nyeri Arthritis (Radang Sendi)

Dalam hal ini, kemangi bekerja dengan cara menekan aktivitas siklooksigenase atau COX.

7. Menguatkan Ingatan

Kemangi sangat baik utk meningkatkan daya ingat seseorang. Kemangi benar-benar kaya akan kortikosteron yg akan membantu dalam menguatkan daya ingat. Kemangi bekerja sangat baik dlm mengaktifkan sirkulasi otak yg bisa mengurangi resiko kerusakan otak. Selain  itu, kemangi membantu memelihara sistem saraf.

8. Meredakan Batuk

Kemangi adalah komponen yg sangat penting dlm sirup obat batuk seperti ekspektoran. Dgn begitu kita tidak perlu repot membeli obat batuk di apotik bila kita bisa membuatnya sendiri dari bahan yg alami. Caranya pun sangat tidak susah sekali, kami hanya perlu menyediakan daun kemangi, kemudian merebusnya dgn tambahan garam. Setelah tersebut konsumsi air tersebut sebagai obat batuk.

9. Mengurangi Stress

Banyak penelitian sudah menunjukkan bahwa daun kemangi memiliki khasiat cukup besar dlm hal mengurangi stress. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi Sepuluh sampai 12 daun kemangi, dua kali sehari, untuk menghindari perasaan stres. Denga mengkonsumsi dau kemangi setiap hari juga dpt membantu membersihkan darah kita.

10. Mencegah Jerawat

Dalam hal ini, kita hanya perlu menggunakan kemangi sebagai masker. Yaitu dengan cara menghauskannya seperti membuat juss. Selain untuk mencegah jerawat, kemangi juga dpt utk mengatasi masalah kulit lainnya seperti kurap, psoriasis serta gigitan serangga. Kemampuan anti-inflasme dalam kemangi jg dpt digunakan seagai perawatan & pencegahan dari peradangan kulit sehingga kulit menjadi kenyal serta sehat.

11. Menjaga Kesehatan Gigi serta Mulut

Kemangi juga dpt digunakan untuk menjaga dan merawat mulut kita dari beragam masalah mulut seperti bau tdk sedap dan masalah pada gigi serta gusi. Bagaimana caranya? Jemur daun kemangi di bawah sinar matahari sekitar 2 hari, lalu haluskan. Gunakan serbuk kemangi sebagai pasta gigi. Bisa jug dikombinasikan dgn minyak mustard.

Banyak sekali manfaat yg ada pada tanaman kemangi. Selain sedap digunakan sebagai lalap, manfaat kemangi bagi kesehatan badan kita jg sangat banyak. Semoga info ini berguna ya, jangan lupa bagikan kepada teman-teman kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar