Selasa, 18 Agustus 2015

Minum Air Membuat Sehat

Service Office Surabaya - Semua org pasti setuju bahwa air sangat diperlukan utk kelangsungan hidup makhluk hidup. Air dibutuhkan oleh tumbuhan sehingga menjadi produsen bagi binatang atau manusia jg sebagai elemen dasar dalam mata rantai kehidupan. Bagi sebagian binatang, selain utk minum, air jg menjadi tempat tinggal mereka. Gak mengherankan bahwa bumi diciptakan dengan sebagian besar terdiri dari air. Begitu juga, dengan badan kita, 80% terdiri dari air, Virtual Office Surabaya.

Manfaat Minum Air
Mengingat pentingnya air, maka anjuran yg diberikan adalah agar kita meminum air sedikitnya 8 gelas satu hari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air. Berikut ialah beberapa manfaat air bagi tubuh:

1. Membuat badan lebih sehat
Apabila asupan air mencukupi, hal ini bisa membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran jg akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga bisa membantu kami terhindar dari penyakit ginjal & hati.

2. Memperlancar pencernaan
Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kami terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag serta sembelit.

3. Menambah kecantikan alami
Kekurangan air akan membuat kulit kami terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat awet muda & cantik alami.

4. Membuat langsing
Air bisa menurunkan berat badan. Mengapa? Lantaran air tak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu badan menguraikan lemak yang tersimpan.

Bagi yg sedang berdiet, air dapat menjadi teman yg ngga boleh dilupakan. Dgn meminum air hangat sebelum makan, akn membantu kita merasa kenyang sehingga akn mengurangi selera makan & mengurangi porsi makan kita. Minum air juga ngga akan membuat gemuk karena air ngga mengandung kalori, gula & lemak.

5. Meningkatkan kesuburan
Utk Lw yg sedang merencanakan kehamilan, ternyata air dpt membantu meningkatkan kesuburan karena akn merangsang produksi hormon testoteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Air Minum

Mengingat pentingnya air, pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana memilih air minum yg sehat. Bila air minum tak bersih bisa menyebabkan diare atau penyakit lainnya. Sedangkan saat ini ada berbagai jenis air minum yg ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dlm Kemasan (AMDK), air mineral serta air heksagonal. Apa saja perbedaan dari masing-masing macam air tersebut?

1. Air tanah
Bagi penduduk di pedesaan air minum dpt diambil dari air tanah yg diambil dari sumur atau sungai. Tetapi, perlu diwaspadai jika sumber air tersebut berada di kawasan industri atau lokasi pembuangan sampah. Sedangkan di kota-kota besar, misalnya Jakarta, air tanah tak lagi layak utk dikonsumsi, karena banyak mengandung bakteri Eschericia coli (E-coli), kandungan besi (Fe) serta Mangan (Mn) serta kadar keasaman (pH) yg melebihi kriteria air minum sehat. Ini disebabkan lantaran banyaknya polutan yg dihasilkan manusia sehingga merusak air tanah.

2. Air PAM
Utk dpt menghasilkan air yang baik, Perusahaan Air Minum (PAM) sebenarnya mempunyai teknologi yang sesuai dgn pengolahan air minum, tetapi ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari air yang dijadikan sebagai bahan baku apakah air tersebut tercemar atau tidak.
   
3. Air Minum Dlm Kemasan (AMDK)
Adalah air yang diolah dgn teknologi khusus seperti teknologi sterilisasi setelah itu dikemas dlm botol plastik atau wadah lainnya. Izin untuk perusahaan ini biasanya baru akn dikeluarkan bila hasil uji laboratorium baik. Agar mendapat air minum yg baik, perusahaan perlu selalu melakukan kontrol terhadap hasil air minum & merawat peralatan produksinya dgn baik.

4. Air Mineral
Adalah air yang diperoleh dari sumbernya, umumnya dari pegunungan serta langsung dikemas sehingga terdapat mineral di dalamnya dgn kadar tertentu yg diperbolehkan.

5. Air heksagonal
Air jenis ini memiliki rangkaian molekul yang terstruktur, berbentuk segi enam sehingga disebut heksagonal. Air jenis ini lebih tidak sulit diserap tubuh, lebih cepat menghantar nutrisi utk seluruh tubuh, membuang racun sisa metabolisme, dan akn mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Secara alami, air ini terdapat dlm sumur air zamzam di Mekah, di pegunungan Alpen, Swiss, serta di Lourdes, Perancis. Selain secara alami, air heksagonal dapat dibuat dengan menggunakan mineral-mineral alami yang dapat membantu pembentukan struktur heksagonal dlm air. Suhu ketika pembentukan jg harus diperhatikan karna dapat menyebabkan struktur tersebut menjadi terurai sehingga menjadi air biasa.

Air heksagonal umumnya dijual dalam kemasan, tapi minuman seperti ini dipercaya lebih menyehatkan utk badan juga dpt mencegah penuaan. Dgn meminum air heksagonal dianggap bisa meningkatkan vitalitas, memperlambat proses penuaan serta mencegah penyakit. Cuma saja, air macam ini umumnya lebih mahal dibandingkan macam lainnya.


Sekarang, Anda dapat menentukan mana air minum yg layak diminum. Selekasnya tolak apabila air berwarna, keruh atau berbau. Sedangkan jika membeli air yang dikemas, perhatikan segel ngga terbuka atau bocor.

Berapa Banyak yang Mesti Diminum?

Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, badan dapat gampang terserang penyakit. Maka, jangan lupa utk mengkonsumsinya minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar minimal dua liter air. Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, serta ginjal.

Air yg hilang ini harus diubah agar kita tak mengalami dehidrasi. Jika Anda kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka beberapa tanda seperti sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tdk tahan terhadap panas, serta mulut & mata yang kering akn terjadi pada badan Anda.

Berapa banyak air yg harus diminum setiap hari? Bagi orang yg sehat membutuhkan minimal dua sampai dua setengah liter air sehari. Jika Nte berolahraga, maka Engkau akn membutuhkan lebih banyak air. Demikian jg jika Anda tinggal di iklim panas. Bagi mereka yang mengalami obesitas, perlu minum segelas air ekstra utk setiap kelebihan 10 kilogram dari berat badan ideal. Namun, sebaliknya bagi beberapa penderita penyakit tertentu seperti gagal jantung atau gangguan fungsi ginjal, maka beberapa dokter menyarankan untuk ngga terlalu banyak minum air. Ini pun hrs dengan rekomendasi dokter ahli.

Jangan gantikan air dengan cairan lain seperti jus buah. Meski membuat badan sehat, jus buah mengandung kalori. Demikian juga, minuman yg mengandung gula dan susu, juga akan membuat badan membutuhkan banyak air untuk mencernanya. Apalagi bila Anda minum banyak minuman beralkohol atau minuman berkafein seperti kopi & teh. Minuman-minuman ini mempunyai sifat diuretik yaitu senyawa yg meningkatkan aliran seni, sehingga kita perlu minum lebih banyak air guna mengganti apa yang dikeluarkan.

Karena itu, jangan minum air saat Nte telah merasa haus. Ketika Anda merasa haus, maka Sampean mungkin telah mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah minimal 8 gelas satu hari atau 2 sampai 2,5 liter per hari demi kesehatan Anda. Minumlah segelas air sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar