Kamis, 13 Agustus 2015

Yoghurt Untuk Kesehatan

Service Office Jakarta - Yoghurt (atau kadang penulisannya yogurt) yang jg dikenal sebagai susu asam adalah hasil fermentasi dari susu. Yoghurt sendiri mengandung 2 jenis probiotik, yaitu lactobacillus serta bifidobachterium. Jadi, pembuatan yoghurt ini bukannya tanpa alasan, kandungan gizi yang terdapat pada yoghurt ialah alasan mengapa kita perlu mengkonsumsinya.

Yoghurt
Yoghurt atau yogurt ialah sebuah produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu sehingga membuat yoghurt lebih padat dan mempunyai tekstur & aroma yg khas. Umumnya yoghurt dibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.

Yoghurt sudah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan telah terkenal di seluruh dunia dewasa ini. Yoghurt mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa di keunggulan yoghurt merupakan kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Manfaat Yoghurt

Berikut ini beberapa manfaat dari yoghurt untuk Anda:

Menyehatkan pencernaan
Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt bisa mengatasi beragam masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.
   
Mengurangi risiko terjadinya infeksi pda vagina
Perempuan yang mengkonsumsi yoghurt bisa mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga bisa mengurangi perkembangan infeksi jamur.
   
Menurunkan risiko darah tinggi
Dgn mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
   
Mencegah osteoporosis
Lantaran berbahan dasar susu, maka dlm yoghurt mengandung kalsium serta vitamin D. Kedua zat ini bisa membentu seseorang terkena osteoporosis.
   
Membantu kami lebih kenyang
Kandungan kalori yang terdapat dlm yoghurt manjadikan yoghurt makanan yg dpt membantu sesorang merasa lebih kenyang.


Yoghurt untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa yaitu ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, gula yang paling banyak terkandung dalam susu. Sewaktu seseorang mengkonsumsi laktosa yg terdapat dlm susu & produk-produk sejenisnya maka bakteri dlm usus besar mengubah laktosa itu menjadi asam laktat serta karbon dioksida. Dalam waktu 30 menit saja, timbul gejala-gejala umum, yg mencakup mual, kejang otot, kembung, serta diare. Bagaimana dengan yoghurt yang merupakan produk susu juga?

Yoghurt mengandung laktosa hampir sebanyak susu, namun beberapa penderita intoleransi laktosa dpt mencernanya tanpa mengalami gangguan. Lantaran yoghurt mengandung mikroorganisme yg mensintesis laktase, & ini membantu pencernaan laktosa. Yoghurt lebih tidak susah dicerna oleh badan dibanding susu.

Meski rasanya sedikit asam, namun Nte dapat memperoleh manfaat melalui yoghurt. Saat ini, terdapat banyak produk yg dibuat dari yoghurt yang menambah kenikmatan serta cita rasa dari yoghurt seperti frozen yoghurt dan berbagai yoghurt dgn rasa buah. Konsumsi yoghurt dpt membuat badan Engkau lebih sehat.

Mengenal Yoghurt

Untuk mengenal berbagai macam yoghurt, cara membuat yoghurt, serta cara penyimpanannya, maupun lebih mengenal frozen yoghurt atau froyo, Sampean bisa membacanya pada artikel berikut ini: Mengenal si Susu Fermentasi Yoghurt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar